Pengenalan PT Sinergi Aitikom

Pengenalan Perusahan

Profile Perusahaan

PT. Sinergi Aitikom merupakan Perusahaan yang bergerak dibidang penyedi jasa Telekomunikasi di Indonesia yang menyediakan berbagai solusi permasalah infrastruktur dan Optimasi jaringan Telekomunikasi. PT. Sinergi aitikom didirikan pada tahun 2002. Selama berdirinya Sinergi aitikom telah memberikan dedikasi tinggi didunia Telekomunikasi sehingga memiliki reputasi yang tinggi dan dijadikan parthner tetap oleh perusahan terkemuka dari Eropa PT. Ericson untuk menangani Optimasi Signal dan drive test di beberapa Kota besar di Indonesia. PT. Sinergi  berusaha memastikan bahwa kami dapat memberikan pelayanan terbaik , responsive dan dapat diandalkan kepada business partner dan user kami.

VISION

  • Menjadi perusahan penyedia jasa terkemuka di Indonesia dan dengan integritas dan support terbaik untuk mitra kami.
  • Menjadi perusahaan yang handal dan kompetitif pada segi Mutu, Waktu dan Biaya.

MISSION

  • Sinergi mempunyai misi memberikan layanan “One Stop Solution” dengan jaminan bahwa customer akan mendapatkan layanan terbaik.
  • Sinergi akan mengelola bisnis melalui kinerja terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang tinggi serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung

 

Strcture PerusahaanFigure 1. Structure Perusahaan

Business Prosesnya menggunakan RICH PICTURE

PT. Sinergi aitikom merupakan perusahaan bergerak di penyediaan jasa Layanan Telekomunikasi yang memiliki 3 sub business utama, yaitu Signal Division, Survey Division dan Installation Division. Signal division dibawahi oleh satu general manager. Sedangkan Survey division dan installation division juga dibawahi oleh general manager yang berbeda.  Pemisahan dua management ini dilakukan untuk mempermudah dalam penangan project yang kian banyak sehingga semua project bisa ditangani dengan baik.

Alur business pada PT. sinergi berasal dari vendor dan provider. Project – project dari Vendor masuk kedalam kategori installation divison yang mana berhubungan dengan kontruksi bangunan dan penambahan perangkat. Ada pula project yang berasal dari Provider telekomunkasi, provider ini menyewa jasa PT. Sinergi untuk project optimasi signal dan maintenance.

Pada signal division saat ini sudah memiliki alur project yang long term (Continue / Umbrella Contract) sehingga proses bisnis yang dilakukan lebih baik karena memiliki sisi waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan alur project di Survey division dan Installation division. Di kedua division ini memiliki alur project yang sangat ketat. Terutama survey division, yang memiliki siklus project yang relatife lebih pendek selama tiga bulan dari setelah pemenangan tender.

Flow Make Report

Figure 2. Rich Picture

Berikut ini Penjelasan Rich Picture :

  1. Perusahaan mengajukan tender ke sejumlah perusahaan dan memenangkan tender tersebut .
  2. Hasil tender diberikan kepada Project manager untuk  dieksekusi
  3. Selama Eksekusi DIlapangan Field Engineer biasanya memakan waktu 1 bulan. Dan field engineer juga bertugas membuat report untuk di submit ke perusahaan. Dan melakukan DRM dengan Mitra.
  4. Dalam proses pembuatan Report. Memakan waktu yang lebih lama sekitar 2 bulan sampai Closing
  5. Namun apabila dalam proses DRM, Planning Ditolak maka Field engineer juga bertanggung jawab untuk melakukan Re-survey ke Area yang di inginkan oleh Mitra Perusahaan

 

Jelaskan dan identifikasikan permasalahan yang menurut anda ada pada perusahaan anda.

Kebetulan saya lebih mengetahui seluk beluk perusahan di Survey division dan installation division. Division-division ini mendapatkan project telekomunikasi dari perusahan vendor yang telah menjadi partner tetap Provider telekomunikasi. Project yang ditawarankan biasanya dalam bentuk modul-modul yang saling continued sehingga kedua division ini saling melengakpi dan berjalan beriringan. Sebagai contoh project SWAP perangkat Indosat Huawei . project ini terbagi dalam 3 jenis yaitu checking signal (survey), installation and optimation. Kita sebagai perusahaan penyedia jasa “One Top Solution” akan mengambil dua project tersebut (survey dan installation).

Survey division akan berjalan terlebih dahulu, biasanya project sebanyak untuk 100 sites dan berlangsung selama tiga bulan. Setelah 3 bulan project survey harus sudah selesai dan installation division akan berjalan berikutnya untuk pemasangan atau penggantian perangkat baru dengan berdasarkan report yang telah dibuat dan disepakati pada project survey sebelumnya.

Namun biasanya hal ini sering terkendala di sisi report project survey yang belom closing. Proses pengerjaan dilapangan (Survey) yang bisa dikerjakan hanya dalam satu bulan namun  untuk  pembuatan report yang relatife lebih lama bisa melebihi waktu pengerjaan dilapangan sehingga proses Closing project yang mengaret. Hal ini biasanya Dikarenakan beberapa alasan yaitu

  1. Standarisasi pembuatan report setiap Region yang berbeda membuat Engineer bingung dan merasa jenuh untuk melakukan revision sehingga performaci engineer yang menurun
  2. Lack of Resource QA disini vendor untuk pengecekan report sehingga terkesan disisi Subcon lama.
  3. Tidak adanya server point yang menampung Databases disisi subcon dan vendor sehingga report hanya bisa dikerjaan oleh engineer yang mengerjakan. Dan vendor tidak mengetahui data sebenarnya yang telah terkumpul.
  4. Proses checking report yang masih manual berdasarkan Hardcopy yang dikirim oleh subcon, Apabila ada server share point Pihak QA bisa checking terlebih dahulu document yang akan di submit sehingga mengurangi penggunaan Kertas yang tidak berlebihan.
  5. Hasil revision yang tidak menggunakan penomoran revisi sehingga sulit mentracking sudah berapa kali report diperbaiki.
  6. Belum terdapat software share point yang bisa meng-generate report secara otomatis (MOM, BAST, BAUT, Report SIS and FSR, Database excel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X